Membuat Halaman Web Pertama Saya

Posted by Unknown on Sunday, November 18, 2012

Pernahkah anda membuat sebuah halaman web. Pernahkah anda berpikir dari mana dan awal bisa tampilnya halaman web ke layar monitor kita. Tentu saja kita melihat halaman web dari web browser. Contoh web browser sendiri adalah seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Safari, dll.

Di artikel ini saya tidak akan membahas lebih detail apa itu HTML, bagaimana HTML bisa tampil dalam Web Browser kita. Karena sudah banyak orang yang share artikel mengenai pengertian-pengertian diatas tadi.

Saya hanya ingin memberikan tutorial kepada anda membuat sebuah halaman web sederhana. Harapan saya setiap tutorial dapat dipraktekkan langsung dan anda akan mengerti dan lebih paham akhirnya, daripada anda membaca dan sekedar melihatnya.
Langsung saja kita mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan :


  1. Text Editor
  2. Web Browser
Text Editor, mengapa kita membutuhkan ini? Fungsi dari text editor adalah untuk menyusun tag HTML yang akan kita tulis nantinya. Banyak text editor HTML profesional, akan tetapi saya menyarankan anda memakai text editor yang lebih sederhana seperti Notepad, Notepad++,dll. Suapaya anda lebih mudah untuk paham daripada menggunakan text editor HTML yang seperti Dreamweaver dan lainnya, akan membuat anda sedikit manja akhirnya.
Web Browser berfungsi tentu saja untuk menampilkan halaman web yang sudah dirancang di text editor.

Langsung kita buka Notepad++, disini saya menggunakan Notepad++ karena sangat nyaman untuk berlatih coding. Notepad++ adalah software opensource dan anda bisa mendownloadnya coba googling pasti banyak.

1. Langkah pertama buka Notepad++, setelah itu ketikkan sama seperti gambar dibawah ini :


















Penjelasan :
<h1> Header Pertama Saya </h1> artinya kita akan membuat sebuah Header
<p> Paragraf Pertama Saya </p> artinya kita akan membuat sebuah paragraf. Silahkan diisi sesuka anda dalam tag <p>paragraf yang ingin anda buat</p>

2. Kemudian Klik Berkas - Simpan Sebagai...

Di Notepad++ sendiri ada pilihan Bahasa pemrograman yang bisa kita pilih. Jika kita memilih bahasa HTML saat kita pilih Simpan Sebagai... , maka file ektensi akan otomatis menjadi .html
Sekarang simpan halaman dengan nama index.html dan buat satu folder taruh index.html didalamnya atau di luar folder juga bisa sebenarnya.

3. Jika sudah di simpan maka kita sudah mempunyai file halaman web sendiri. Sekarang double klik file index.html. Atau dari Notepad++ kita bisa memilih menu Jalankan - Launch in Chrome (karena saya memakai browser Chrome).

4. Tampilan dari halaman yang sudah kita buat adalah seperti berikut ini :












Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, jika ingin copas silahkan dan jangan lupa menyertakan link saya. Terima kasih. 





   

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment