Mengenal HTML 5

Posted by Unknown on Monday, November 19, 2012

HTML 5

Apa itu HTML 5?
Apa kegunaan HTML 5?
Apa perbedaan dengan HTML sebelumnya?

Mungkin pertanyaan seperti ini akan muncul ketika anda mendengar pertama kali istilah HTML 5. Disini penulis ingin mencoba menjelaskan sedikit pengertian HTML 5 dan fitur-fitur terbaru daripada HTML sebelumnya.

HTML 5 adalah merupakan perkembangan dari versi HTML sebelumnya, yaitu HTML 4 atau XHTML 1.0. HTML 5 mempunyai banyak kelebihan dari versi sebelumnya yang hadir di tahun 1999.

HTML 5 telah diluncurkan oleh W3C atau Word Wide Web Consortium pada bulan Februari 2011. Direncanakan akan diresmikan pada bulan Juli 2014, dimana HTML5 akan dijadikan sebagai rekomendasi resmi dalam web standard.
Nah, lo. Apakah anda sia-sia kalau hari ini sedang mempelajari versi HTML sebelumnya. Tidak usah khawatir karena HTML 5 tidak jauh berbeda dengan HTML sebelumnya yang dimana terdapat attribut dan tag baru saja didalamnya. Selebihnya bisa dikatakan mirip.

Langsung saja saya akan memberikan contoh untuk script sederhana HTML 5 :



HTML 5 menggunakan <!DOCTYPE> untuk mendeklarasikannya.
Simpan halaman diatas, dan jangan lupa beri extensi .html. Jalankan pada browser anda! disini saya memakai Mozilla Firefox versi terbaru.
Berikut untuk tampilannya :

HTML 5












HTML 5 belum menjadi standar resmi dan belum ada browser yang memiliki dukungan penuh terhadap HTML 5. Akan tetapi semua browser utama seperti Safari, Chrome, Firefox, Opera, IE terus menambahkan fitur HTML 5 untuk versi terbaru mereka.
Untuk mengenal fitur-fitur terbaru dari HTML 5 anda bisa membaca artikel saya selanjutnya Belajar Fitur Baru HTML 5

Semoga memberi manfaat !!











   

1 comment: