Penyebab Demam Berdarah

Posted by Unknown on Wednesday, November 28, 2012

Penyebab Demam Berdarah
Musim hujan sudah tiba, itu artinya akan banyak genangan-genangan air dimana-mana. Hati-hati karena akan banyak nyamuk yang mencari tempat untuk bertelur, terutama nyamuk penyebab demam berdarah yaitu nyamuk aedes aegypti. Ada juga ternyata nyamuk yang lain yaitu nyamuk aedes albopictus. Demam berdarah adalah penyakit berbahaya dan bisa menyerang siapa saja. Penyakit ini disebabkan oleh virus dengue selanjutnya ditularkan melalui gigitan nyamuk aedes aegypti dan aedes albobictus.
Nyamuk ini bisa menggigit siapa saja, akan tetapi jika kita mampu menjaga kebersihan lungkungan dan mengurangi perkembangbiakan dari si nyamuk itu maka Insya Allah kita akan aman dari gigitan nyamuk yang mengakibatkan demam berdarah.
Mari kita selalu mengecek apakah tempat-tempat yang berpotensi untuk sarang nyamuk dapat kita cegah perkembangbiakannya. Contoh tempat-tempat yang bisa untuk sarang nyamuk antara lain bak penampungan air, bak mandi, kaleng bekas, bungkus plastik, dll. Perlu diketahui bahwa nyamuk aedes aegypti ini sangat suka dengan air yang jernih.

Gejala-gejala terkena demam berdarah :
  • Mendadak badan panas tinggi selama 2 sampai 7 hari
  • Terlihat lemah dan lesu
  • Timbul bintik-bintik merah pada kulit
  • Merasakan nyeri di ulu hati
  • Terjadi pendarahan di hidung atau mimisan
  • Terjadi muntah darah dan berak darah
Agar tidak terlalu parah kenali gejala-gejala demam berdarah diatas, supaya kita mampu mencegahnya dan mungkin akan menyelamatkan nyawa orang yang kita cintai. 
Apabila sudah parah penderita merasa gelisah, tangan dan kaki dingin serta berkeringat. Segeralah tolong mereka yang merasakan gejala-gejala ini ke rumah sakit terdekat.

Berikut pertolongan jika anda melihat langsung penderita gejala demam berdarah :
- Beri minum sebanyak-banyaknya
- Kompres agar panasnya turun
- Berikan obat penurun panas seperti paracetamol
- Segera antarkan ke Puskesmas, atau Rumah Sakit terdekat

Berantas jentik nyamuk dan hindari gigitan nyamuk Demam Berdarah dengan cara 3M Plus, yaitu :
  • Menguras tempat-tempat penampungan air (bak mandi/WC, tempayan, ember, vas bunga, dsb) seminggu sekali.
  • Menutup rapat semua tempat penampungan air seperti ember,gentong, dan drum.
  • Mengubur barang-barang bekas yang ada di sekitar atau di luar rumah yang dapat menampung air hujan. Seperti kaleng bekas, botol, plastik, dan tempurung kelapa.
  • Menaburkan bubuk abate atau altosid 2-3 bulan sekali di tempat air yang sulit dikuras atau tempat sulit air.
  • Memelihara ikan pemakan jentik nyamuk.
  • Cegah gigitan nyamuk dengan menggunakan obat nyamuk, memakai obat repelant, memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi, dsb.
Dikutip dari Brosur WASPADA DEMAM BERDARAH CEGAH DENGAN 3M PLUS! oleh : Pusat Komunikasi Publik Setjend Depkes RI

Semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Ingat "mencegah lebih baik daripada mengobati". Sehatlah selalu dengan memperhatikan kesehatan dan kebersihan lingkungan sekitar.

   

4 comments: